Penghijauan adalah upaya pemulihan, pemeliharaan dan peningkatan kondisi lahan agar lingkungan memiliki kondisi alam yang baik sehingga nyaman untuk penghuninya. Berarti penghijauan tidak hanya terbatas pada penanaman pohon saja, tetapi juga termasuk menjaga kebersihan, pengaturan air, perlindungan lingkungan dari kerusakan, dan sebagainya.
Seorang pramuka seharusnya merasa tidak nyaman jika menjumpai apalagi beraktifitas di lingkungan yang gersang dan tidak hijau. Ia semestinya merasa perlu bergerak untuk merubah lingkungan tersebut. Minimal, ia tidak ikut-ikutan merusak lingkungan di sekitarnya. Sebelum saya bahas lebih lanjut, sebaiknya kamu mengetahui beberapa manfaat penghijauan:
  1. Sebagai paru-paru lingkungan. Kamu pasti sudah tahu sejak SD bahwa ketika siang hari daun-daun menyerap karbon dioksida (CO2) dan menghasilkan oksigen (O2) yang kita butuhkan untuk bernafas.
  2. Manfaat klimatologis, yakni sebagai pengatur lingkungan (mikro). Maksudnya, jika sebuah lingkungan memiliki cukup pepohonan maka hawanya lebih terasa sejuk meskipun di siang hari.
  3. Manambah estetis atau keindahan. Beberapa jenis tanaman jika diatur dengan baik penempatannya, akan bisa menjadi penghias lingkungannya.
  4. Manfaat orologis, yakni akar pohon yang kuat mampu mencegah erosi atau pengikisan tanah.
  5. Manfaat edaphis, yakni lingkungan yang hijau bisa menjadi habitat yang baik bagi beberapa jenis hewan.
  6. Manfaat hidrologis, yakni akar-akar pohon akan mampu menyerap dan menampung air sehingga bisa mencegah lingkungan dari banjir sekaligus menjaga lingkungan tetap memiliki air tanah yang cukup.
  7. Manfaat ekologis, jika lingkungan hijau, maka kualitas ekologi lingkungan tersebut akan terjaga dan meningkat.
  8. Manfaat protektif, beberapa jenis pohon bisa melindungi kita dari teriknya sinar matahari.
  9. Manfaat edukatif, beberapa jenis pohon bisa menjadi laboratorium hidup.
Beberapa contoh kegiatan kepramukaan yang berkaitan dengan kemanfaatn dari penghijauan antara lain:
  • Kerja bakti sebagai bentuk nyata langkah penghijauan. Bisa kamu lakukan sebagai program rutin bulanan di lingkungan sekolah/ pangkalan gudepmu.
  • Mengkampanyekan penghijauan dengan media majalah dinding, sticker, spanduk dan sebagainya. Kegiatan ini bisa menjadi media belajar dan media ekspresi bagi pramuka penggalang yang berbakat di bidang desain gambar.
  • Jika pangkalan gudepmu hanya memiliki sedikit lahan yang bisa ditanami, kamu dan kawan-kawanmu bisa belajar metode menanam vertikultur atau hidroponik (menanam dengan media pot dan selain tanah).
  • Membuat peraturan yang merangsang penghijauan. Misalnya sistem sanksi bagi yang terlambat latihan didenda menanam satu tanaman atau menyumbangkan pot untuk menanam bunga.
Masih banyak bentuk kegiatan lain yang bisa kamu lakuka bersama teman di pasukan/ gudepmu dalam rangka penghijauan. Selamat mencoba.


0 komentar to "Penghijauan dan Manfaatnya"

Posting Komentar