Upaya Penghijauan Hutan

Upaya penghijauan hutan dapat dilakukan dengan cara yang paling sederhana, yaitu tidak menebang pohon sembarangan dan tidak mengeruk kekayaan hutan lainnya secara berlebihan. Upaya lain penghijauan hutan yang dapat dilakukan adalah:

1. Pembuatan Hutan atau Kebun Rakyat

Kegiatan penghijauan hutan ini berupa penanaman lahan kosong dan pekarangan di luar kawasan oleh masyarakat dengan jenis tanaman keras dan buah-buahan.

2. Pembuatan Kebun Bibit Desa

Kebun bibit desa adalah unit persemaian yang tidak permanen yang dibuat untuk menyediakan bibit dalam pekan penghijauan di sekitar desa. Kebun bibit desa dikelola oleh kelompok tani yang ada di setiap desa di daerah.

Penghijauan Hutan - Tips untuk Memelihara Hutan

Perawatan hutan merupakan lanjutan dari pemeliharaan hutan dan penghijauan hutan. Berikut tips sederhana yang dapat dilakukan untuk panghijauan hutan atau merawat hutan biar awet:

Tebang penjarangan atau tebang pilih. Jadi kita jangan sembarangan menebang pohon di hutan, karena menebang satu pohon berarti mengurangi kadar oksigen di dalamnya.
Pemberantasan Hama dan Penyakit. Memberantas hama tidak boleh menggunakan bahan yang berbahaya bagi populasi hutan.
Pembersihan tumbuhan pengganggu yang biasa kita sebut dengan gulma atau semak. Serta pemangkasan cabang untuk memudahkan pertumbuhan pohon.
Pangkas tanaman sela yang dapat menghambat pertumbuhan pohon sehingga penyerapan air dan unsur hara tanah terserap dengan baik.


0 komentar to "Cara penghijauan hutan "

Posting Komentar